RESUME : Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi



" Pengambilan Keputusan "
Gambar : dari Google

Bismillahirrohmanirrohim
Pengambilan keputusan merupakan suatu hasil dari “pemecahan masalah”. Suatu masalah tanpa adanya pengendalian dengan cara mengambil keputusan tidak akan ada penyelesaian. Begitupula dengan konflik yang saya bahas di entri sebelumnya. Pengambilan keputusan dalam organisasi merupakan hal yang sangat menentukan karena apabila pengambilan keputusan itu kurang tepat maka akan berdampak pada organisasi itu sendiri.

Ada beberapa poin-poin penting dalam bab ini yang dijelaskan oleh kelompok 3, diantaranya adalah

-          Dasar Pengambilan Keputusan
Suatu keputusan dapat diambil berdasarkan :
1.       Berdasarkan INTUISI
       Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas
2.       Berdasarkan RASIONAL
Merupakan  suatu hal yang di dalam prosesnya dapat dimengerti sesuai dengan kenyataan dan realitas yang ada
3.       Berdasarkan FAKTA
Hal yang sebenarnya, baik karena mereka telah mengalami kenyataan-kenyataan dari dekat maupun karena mereka dianggap telah melaporkan pengalaman orang lain yang sesungguhnya 
4.       Berdasarkan PENGALAMAN
Suatu hal atau kasus yang pernah dialami
5.       Berdasarkan WEWENANG
hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

Faktor – faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
Diantaranya : faktor Fisik, Emosional, Rasional, Praktikal, Interpersonal, dan Struktural

Keputusan dapat diambil dengan cara individual & kelompok, individual contohnya seperti pengambilan keputusan yang diambil oleh manager saja tanpa adanya rapat kerja atau diskusi. Sedangkan kelompok merupakan pengambilan keputusan yang prosesnya melalui hasil dari rapat atau diskusi bersama.

Untuk mendapatkan hasil yang baik Pengambilan keputusan haruslah melalui beberapa proses, diantaranya :
1.       IDENTIFIKASI MASALAH
2.       PENGUMPULAN & PENGANALISASI DATA
3.       PEMBUATAN ALTERNATIF-ALTERNATIF KEBIJAKAN
4.       PEMILIHAN SALAH SATU ALTERNATIF TERBAIK
5.       PELAKSANAAN KEPUTUSAN

Dengan cara melakukan proses seperti di atas pengambilan keputusan dalam organisasi akan berjalan baik dan akan mendapat hasil yang baik pula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "RESUME : Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi"

Posting Komentar