I Love SKA


" The Authentics "
Gambar : dari Google

Kali ini saya akan membahas tentang musik, bagi saya musik merupakan suatu seni yang sangat berharga sekali, musik membuat hidup kita lebih berwarna, dengan musik kita dapat menyampaikan aspirasi, dengan musik kita dapat berkarya, dan dengan musik kita berbagi. Ada suatu kalimat “music is my life” mungkin kalimat itu tepat sekali dengan apa yang saya rasakan hehe..

Berbicara musik di dunia ini banyak sekali jenis dan aliran musik itu sendiri. Ada musik rock, pop, blues, jazz, reggae, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang lebih menyukai musik pop dan rock. Namun saya sangat menyukai musik SKA.

apa itu SKA ?

SKA merupakan genre atau jenis atau aliran musik yang berasal dari Jamaika dan merupakan pendahulu dari aliran musik rockstedy dan reggae. Musik ini hampir memiliki kesamaan dengan reggae perbedaannya tempo dan ritme agak cepat dan biasanya alat musik ditambah dengan brass, brass diantaranya saxophone, trombone, dan trumpet.

Berbicara perkembangan musik ska, ska mempunyai 3 dekade. Dekade pertama tahun 1962 saat dimana inggris menjanjikan jaminan secara tak terbatas kepada para imigran yang berasal dari negara-negara persemakmurannya, kerusuhan ras pun terjadi disaat itu musik ska dan reggae sedang populer. musik tersebut dibawa dari jamaika oleh banyak musisi dan produsen yang ikut berimigrasi, termasuk The Trojan. imej rudeboy diperbaharui menjadi 2 jenis musik yang masih tergolong baru di inggris yaitu reggae dan punk oleh band The Clash.
Dekade Kedua, pada tahun 1979 seperti Jerry Dammer mendirikan 2tone records. keinginan Dammers layaknya Prince Buster di awal tahun 60an yaitu menciptakan sesuatu yang baru, hitam dan putih menjadi simbol. lahirlah yang dinamakan dengan 2tone ska.
Dan dekade Ketiga, pada dekade ketiga ini juga terdapat hal-hal yang tidak pernah ada pada awal gelombang pertama (beberapa diantaranya ada yang tidak pernah dimengerti) seperti "straight edge" dengan logo "X' ditangan, boneheads, OI/SKA, Skinhead Against Racial Prejudiced (SHARP's) juga konsep-konsep 'sell outs'. ada beberapa aspek diantaranya yang belum berubah : Ska masih menjadi musik kalangan remaja, setiap pertunjukan Ska dapat disaksikan oleh segala umur dan tidak terlalu mahal untuk mengakomodasikannya. disamping itu juga Ska masih membentuk beat yang unik dan harmonis walaupun digabungkan dengan unsur-unsur musik lainnya dan orang-orangnya pun masih banyak yang menikmatinya.

Ska memiliki suatu gaya atau style, Style ska itu sendiri terinspirasi oleh walt jabs yang merupakan tokoh kartun atau figur seorang rudeboy yang sangat identik dengan ska, walt jabs memakai jas berwarna hitam, topi pork pai, kacamata hitam, sepatu loafers hitam dengan kaoskaki berwarna putih panjang, dan memakai celana menggantung. style ini identik dengan warna kotak-kotak hitam putih. sebenarnya style dan lambang 2tone(kotak-kotak hitam putih) digunakan pada dekade 2, seiring berjalannya waktu style dan lambang tersebut menjadi ciri khas aliran ska hingga sekarang.

Band-band atau musisi yang saya ketahui diantaranya Ska pada Dekade 1 : The Skatalities, The Trojan, The Wailer, prience Buster, Dericc morgan, desmon Dekker, Toots and the Maytals, Lee scratch Perry
Ska Dekade 2/2tone : The Specials, Badmanners, The Selecter, Madness, The Eglish Beat
dan Ska dekade 3 : The mighty-mighty bosstone, Hepcat, Save farris, Tokyo Ska Paradise Orchestra, Bim skala bim, Skankin'Pickle, memphiskapheles, Undecover S.K.A, Fishbone, Tipe-x, Gerhana Ska Cinta.

Berikut band-band ska yang termasuk paling saya suka diantaranya : The Authentics, Monkey Boots, Skandaliken, Bandung inikami orcheska, skamigo, dan Don Lego. Bila mendengar lagu dari band-band tadi saya serasa dibuat berdansa hahaha

Terakhir tanggapan saya tentang musik ska sangatlah menghibur dengan beat-beat yang riang dan mengajak para penggemarnya untuk berdansa, perkembangan ska di Indonesia sangat pesat dan di Indonesia sendiri ska telah memilik banyak penggemar walaupun ska sendiri di Indonesia tidak begitu familiar dikalngan masyarakat tetapi telah memiliki penggemar yang fanatik terutama para skinhead, rudeboys, dan punk. J

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "I Love SKA"

Posting Komentar